Senin, 07 Juni 2010

Robot Astronot Siap Menjelajah Angkasa

Robot Astronot Siap Menjelajah Angkasa

Inovasi tiada henti. Motto Toyota itu sangat tepat diberikan kepada Badan Antariksa AS (NASA). Bekerjasama dengan General Motors, mereka akan membuat robot astronot yang bisa digunakan untuk mengerjakan misi-misi berisiko tinggi dan berbahaya.

“Tantangan kami saat ini adalah membuat mesin yang bisa membantu pekerjaan manusia dan mengeksplorasi ruang angkasa,” ujar Mike Coats, direktur di Pusat Ruang Angkasa Johnson dilansir Computerworld.

Laboratorium milik NASA itu sebelumnya sudah merancang robot astronot yang diberi nama Robonaut bekerja sama dengan Defense Advanced Research Project Agency (DARPA). Robonaut dibuat pada 10 tahun lalu dan dirancang untuk melakukan penjelajahan ruang angkasa yang jauh.

Robot ini akan diberi nama Robonaut2. Robot itu akan didesain dengan teknologi tercanggih dan kemampuan yang jauh lebih baik layaknya robot humanoid, antara lain kemampuan menyentuh dengan lembut dan barang yang kecil serta kekuatan yang ekstra jika diperlukan untuk mendorong atau mengangkat.

Pemerintah Amerika Serikat telah menyetujui anggaran USD 3 miliar bagi NASA untuk mengembangkan beragam robot, khususnya robot perintis untuk misi angkasa. Misalnya robot yang bisa mendarat di bulan untuk mengumpulkan informasi terlebih dahulu sebelum manusia datang.

Saat ini, berbagai jenis robot sudah dipekerjakan NASA. Kendaraan robot bernama Phoenix Lander misalnya, sudah dikirimkan ke Mars untuk melakukan penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar